Tips

8 tips belajar dan menghadapi UTBK. Pasti bisa!

8 tips belajar dan menghadapi UTBK. Pasti bisa!

UTBK tinggal beberapa bulan lagi tapi kamu masih kurang siap? Kamu buka artikel yang tepat! >O<

UTBK sering menjadi alasan dibalik stress nya pelajar. Takut gak lulus, takut nilainya kecil, takut macam-macam. Tapi UTBK adalah kunci yang akan membuka gerbang masa depan mu. Siap gak siap, berani gak berani, ini harus dilewati. sekarang yuk kita baca dan terapkan 8 tips belajar dan menghadapi UTBK.

Lupakan Overthinking!

Permasalahan paling ramai saat ini adalah overthinking tengah malam. Hayo siapa yang sering susah tidur gara-gara overthinking. “harus masuk UI”, “aku ga bisa ngerjain soalnya”, “soalnya terlalu banyak”, “kalua gagal disini bagaimana ya”. Aduh, lupakan semua dan buktikan pada dirimu sendiri bahwa kamu mampu! Kalua kamu sisah percaya pada dirimu sendiri, tanya pada orang disekitarmu tentang perjuangan yang sudah kamu lakukan sampai sejauh ini. Semangat!

Belajar adalah rutinitas, bukan task

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Jadikan belajar sebuah rutinitas. Memang sulit rasanya, gapapa kita bisa mulai perlahan. Satu hari mengerjakan dua soal, kemudian hari berikutnya bertambah jadi empat soal, berikutnya bertambah lagi jadi 6 soal, begitu seterusnya. Kamu harus punya mindset bahwa belajar ada bagian dari rutinitasmu, bukan sebuah task yang harus selesai apalagi beban.

Cari lebih banyak tips belajar disini.

Santai tapi tegas

Kamu tidak perlu terlalu kejam pada dirimu sendiri. Belajar sesuai kemampuan mu, dengan tidak mengurangi waktu tidur, waktu makan, dan waktu keseharian lainnya. Biarpun begitu, kamu harus tetap tegas dan konsisten pada dirimu sendiri. Santai saja, tapi tetap tegas.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Mencari ilmu seakan kamu tidak tau apapun

Ketika kamu tidak tau apa-apa pasti yang kamu lakukan adalah mencari tau. Maka teruslah mencari tau. Walaupun begitu, poin ini jangan dijadikan mindset yaa. Kamu harus tetap percaya bahwa kamu sudah pintar dan tau banyak hal. Hei, bahkan seorang Einstein sekalipun juga masih butuh belajar kok.

Tetapkan target pencapaian

Jika kamu sudah terbiasa belajar, mulai lah membuat target belajarmu. Coba prioritaskan materi yang lebih sulit terlebih dahulu, jadi kamu masih punya cukup waktu untuk materi yang lain. Misal untuk minggu pertama kamu full belajar tentang fluida dinamis. Kemudian di minggu kedua kamu menargetkan fluida statis dan optik.

Banyak latihan soal

Pernah dengar pengalaman adalah guru terbaik? Atau practice makes perfect? Pribahasa itu benar adanya kok. Dengan kamu latihan mengerjain soal-soal serupa kamu tidak akan kaget dengan soal yang akan keluar di hari pelaksanaan. Tidak perlu membeli buku cetak dengan berates halaman, kamu cukup mengetik kata kunci di mesin pencarian google dan ribuan soal akan muncul dalam hitungan detik. Bahkan tidak hanyak latihan soal, tapi pembahasan baik secara tulisan maupun video sudah tersedia.

Cari teman belajar

Apalagi untuk kamu yang lebih suka berinteraksi dengan orang lain, hal ini penting lho. Tidak apa meski hanya satu atau dua orang. Karena manusia adalah makhluk social, kamu butuh teman untuk melakukan sesuatu. Walaupun pertemanan itu hanya terjalin atas dasar sama sama butuh teman untuk belajar, setidaknya ada orang lain yang mengerti kebutuhan belajar mu.

klik disini untuk melihat rekomendasi lagu untuk nemenin kamu belajar.

Banyak berdoa

Ini yang paling penting. Setelah kita berusaha, semua harus dikembalikan lagi kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena proses tidak akan menghianati hasil. Percayalah bahwa apapun yang terjadi di depan nanti adalah yang terbaik yang Tuhan berikan padamu. Semangat dan sukses kalian para penerus bangsa!

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.