Pariwisata

Usaha Perjalanan Wisata Politeknik Negeri Bali (Ayu)

Halo sobat intipers! Saya Putu Ayu Amartia Pande dari jurusan Usaha Perjalanan Wisata Politeknik Negeri Bali. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Usaha Perjalanan Wisata Politeknik Negeri Bali itu seperti apa?

Di jurusan ini secara umum kita belajar guiding, airport passenger handling, airport grown opperation,  issue ticket, dan masih banyak lagi. Fokus UPW ini lebih ke guiding, semester 3 dan 4 itu masih pembekalan, semester 5 praktik Building langsung ke tempatnya. Aku sendiri praktik guiding ke Tabanan. 

unisa

Di UPW ini istilahnya kita kontak langsung dan jadi garda depan dalam bidang pariwisata. Maka dari itu, kita belajar issue tiket, mulai dari mencari nomor, kode bandara, kode maskapainya. Pasti ada hitung-hitungan, walaupun semua sudah pakai sistem tapi logika juga dipake banget.  Pas di semester awal kaget juga ada hitungan, karena ga expect ada hitungan, tapi sekarang sudah lumayan terbiasa. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Usaha Perjalanan Wisata Politeknik Negeri Bali?

Pertama itu karena waktu SMA belum ada kepikiran masuk jurusan ini. Dulu pengennya ambil jurusan lain, kebetulan gak dapet SNMPTN dan SBMPTN. Terus dapat informasi dari temen dan kebetulan suka traveling, jadi aku milih ini tuh kepikirnya kuliah bisa sambil jalan-jalan gitu. 

Itu bener ya kuliahnya bisa jalan-jalan karena praktik guiding ada juga praktik industri, ke luar negeri kebetulan. Jadi kita bisa belajar juga penerapan sistem tour di dalam negeri. Kebetulan di semester ini aku juga udah nyusun rencana membuat tour. 

pmb2-min

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Usaha Perjalanan Wisata Politeknik Negeri Bali?

Mata kuliah yang khasnya itu ada travel officer practice, itu dari awal kita diajari sebagai pihak agen yang punya klien. Kita harus tahu betul sifat dari klien, makanya kita juga belajar custom and relation sales. Di mata kuliah itu kita belajar tipe-tipe klien, keinginan mereka juga seperti apa setelah itu baru kita buat itinerary perjalanan. Ketika klien punya rekomendasi lokasi wisata itu bisa kita tanyakan. Kalau klien mau ke Jepang tapi gak tahu destinasi ke sana, terus kita bisa buatkan paket perjalanan yang sudah jadi. 

Pas praktik guiding kita simulasi sebagai guide, dan diminta menjelaskan destinasi-destinasi. Ketika kita simulasi  menjadi guide, maka teman-teman lainnya simulasi menjadi turis. Kaya nyata juga, didampingi juga dengan dosen. Walaupun kliennya teman sendiri, pasti mereka ada keluhan dan langsung kita handle, jadi simulasinya bener-bener seperti nanti di dunia kerja.  

Lalu, pembelajaran di semester 5 ini kita mulai dikebut untuk latihan praktik, kadang membuat video, website, guiding, dan masih banyak lagi. Pernah juga waktu itu buat proyek video kita harus ke destinasinya langsung. Jadi, kita buat tugas dengan jalan-jalan, makanya asiknya jurusan ini tuh begitu. 

Selain itu ada juga airport passenger handling da airport grown operation. Di sana kita belajar segala hal yang berhubungan dengan bandara. Waktu itu aku sih pernah ngitung keseimbangan pesawat, untuk masukin penumpangnya, kargo, dsb. Pas belajar keseimbangan itu harus bener-bener hitungannya. Kalau di bandara itu kan ada namanya handling, dari check in counter, itu kita ada praktiknya. Kita mengurus file-file yang perlu dikasih ke pilot gitu. 

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Jalur masuk itu ada seleksi nilai rapot, seleksi tes bersama dan ujian mandiri. Aku sendiri masuk di seleksi bersama. Materi tesnya sendiri waktu aku itu sama kaya UN, mirip-mirip lah. Info jelasnya bisa diakses ke pnb.ac.id. Oh ya jurusan kita tuh sudah terakreditasi A, dan kita menerima 2 kelas, tapi akhir-akhir ini aku denger katanya tahun sekarang membuka 3 kelas. 

Ada juga beasiswa untuk yang berprestasi dan untuk yang tidak mampu dengan IPK min.3. Itu bukan untuk jurusan aja tapi untuk semua jurusan se-kampus. 

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Di UPW ini banyak banget menghafal, kaya menghafal bandara di Indonesia, itu 1 semester ngafalin. Kurang lebih ada 78. Kita hafalin bandaranya, lokasinya, kode 3 dan kode 4 bandara tersebut dan itu diuji secara lisan. Kita juga menghafal bandara internasional, di area 1 itu Amerika dan area 2 Eropa. Bener-bener shock banget aku menghafal. Intinya sih menghafal dan main, tapi santai kok karena jalan-jalan juga. 

Ada tips buat calon mahasiswa baru jurusan ini?

Utamanya itu manajemen waktu dan prioritas. Manajemen waktu kan setiap orang punya waktu yang sama 24/7, tinggal bagaimana kita memanajemen itu. Soalnya ketika kita di rumah kan kita punya kewajiban yang berbeda-beda, tapi bagaimana kita mengalokasikan waktu dan menjadi orang yang produktif, bukan sekedar sibuk. 

Kalau untuk persiapannya itu lebih ke membuat target bulanan atau mingguan. Misalnya satu Minggu kita harus menyelesaikan 3 bab atau 20 halaman dari latihan soal. Menurut saya lebih banyakin latihan soal kalau untuk persiapan masuk, karena kalau tanpa latihan kan kaya kurang persiapan aja gitu. Bisa dengan seiring ikut TO, ngasah diri dengan ngerjain soal pake timer terus evaluasi kelemahan diri sendiri itu dimana.  

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya itu banyak, gak hanya handle Building, tikceting sama airport. Kita juga bisa handle sebuah event, karena kita pelajaran event organizer.  

Harapan dan rencana ke depannya?

Harapannya pengen fokus dulu ke PKL. Di tengah covid begini gak bisa secara maksimal. Selanjutnya, sebenernya mau lanjut ke sarjananya, tapi kalau lagi pandemi mending aku istirahat atau kerja dulu. Rencananya mau ekstensi di Lombok, kalau yang di sini kebetulan sampai D3.    

Kode konten: C211

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *