Akuntansi

Vokasi Akuntansi UI (Lysandra)

Vokasi Akuntansi UI (Lysandra)

Hallo teman-teman, perkenalkan saya Lysandra, mahasiswi jurusan Vokasi Akuntansi  UI / Univeristas Indonesia angkatan 2017. Saya akan berbagi kisah pengalaman kuliah selama 6 semester yang mana semester 6 adalah semester terakhir saya di Vokasi Akuntansi. ? Penasaran…Yuk, disimak baik-baik. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa itu Vokasi Akuntansi UI ? Apa saja yang dipelajari ?

Jadi Vokasi Akuntansi adalah salah satu program pendidikan D3 di Universitas Indonesia. Adanya program ini untuk menghasilkan lulusan siap kerja sesuai jurusan yang ada. Vokasi Akuntansi sendiri menggunakan kurikulum 3-2-1 yang mana 3 semester belajar teori dikampus, 2 semester magang di UMKM/Industri/BUMN, 1 semester di BUMN/KAP (Kantor Akuntan Publik). Jadi awal banget perkuliahan akan mengira jika materi yang dipelajari seperti di SMA (mudah) tapi ternyata sesusah itu (awalnya) setiap ujian ingin-nya berhenti kuliah tapi niat itu dihilangkan teringat biaya semesteran yang cukup mahal. Tapi sekarang sudah ga berasa semester akhir. Menikmati proses yang sulit ternyata menyenangkan.

Nah kembali lagi apa saja yang dipelajari ? sama hal nya seperti  S1 Akuntansi, D3 Akuntansi mempunyai keuntungan dan kelebihan masing-masing. Ada banyak materi kuliah yang diajarkan mulai dari membuat dan menyusun laporan keuangan yang baik, mempelajari sistem informasi akuntansi, menggunakan accurate sebagai aplikasi pendukung, mempelajari akuntansi sektor publik atau biasanya disebut akuntansi untuk pemerintahan, mempelajari bagaimana produksi produk dengan biaya dan harga jual yang tepat, belajar menganalisis laporan keuangan, menyajikan laporan perpajakan, melakukan pengaditan di bawah supervise akuntan, membangun sebuah usaha/invoasi baru dan masih banyak materi yang seru lainnya.

Beberapa kali mendengar orang mengatakan kenapa D3. Sepertinya saat ini D3 dianggap sebagai jenjang pendidikan yang rendah atau tidak setara Sarjana. Stigma itu salah menurut saya, kenapa? Karena D3 sudah sangat bagus menggunakan kurikulum 3-2-1 yang mana 3 semester teori dan 3 semester praktik. Ini merupakan keuntungan besar bagi saya karna bisa merasakan kerja/magang di BUMN/KAP. Keuntungan lainnya yang pasti akan merasakan pengalaman bekerja di industri atau perusahaan, akan mendapatkan sertifikat di akhir masa magang sebagai penunjang pencarian pekerjaan setelah lulus kuliah (sertifikat ini sangat berguna), menambah pengalamaan kerja di CV, ada banyak juga prospek kerja untuk lulusan ini seperti akuntan, auditor, konsultan keuangan, konsultan pajak bahkan untuk membuat usaha/inovasi sendiri pun sangat menunjang.

Mata kuliah dan Praktikum di Vokasi Akuntansi UI ?

Mata kuliah di D3 akuntansi cukup komplit karna akan membahas tuntas dunia akuntansi. Tetapi ada 2 mata kuliah favorit saya yaitu akuntansi sektor publik dan praktikum analisis laporan keuangan. Akuntansi sektor publik atau disingkat ASP di mata kuliah ini akan mempelajari tentang proses pengumpulan, pencatatan, pengklasifikasian, penganalisaan dan pelaporan transaksi keuangan suatu organisasi publik. Contohnya dari segi sumber pendanaan sector publik berasal dari pajak, retribusi, utang, obligasi pemerintah, laba BUMN/BUMD, penjualan aset negara. Sedangkan sektor Swasta berasal dari pembiayaan internal seperti modal sendiri laba ditahan, penjualan aktiva dan pembiayaan  eskternal dari utang bank, obligasi, dan penerbitan saham.

Mata kuliah yang kedua yaitu analisis laporan keuangan. Ini adalah mata kuliah favorit saya karna akan mempelajari cara menganalisis laporan keuangan yang tepat. Contohnya seperti menganalisis laporan keuangan perusahaan selama 5 tahun dengan perusahaan yang bergerak di bidang yang sama juga, menganalisis manakah kinerja keuangan tersebut yang lebih baik. Adapun analisis yang digunakan seperti analisis horizontal dan vertikal. Analisis horizontal menggunakan data keuangan tahun terakhir dengan tahun-tahun sebelumnya, sedangkan vertikal membandingkan hubungan komponen akun dengan total akun dalam 1 laporan keuangan saja. Ada juga analisis rasio yang mana ada banyak rasio digunakan seperti rasio profitabilitas, likuiditas, dan solvabilitas

Tips untuk Mahasiswa Baru di Jurusan Vokasi Akuntansi UI

Berdasarkan pengalaman pribadi yang utama adalah jangan minder dengan kalimat “bayar 9jt cuman ahli madya” karena vokasi mencetak lulusan siap kerja. Selanjutnya jangan mudah nyerah saat proses perkuliahan. Memang jurusan ini bagi saya awalnya membosankan, kerjaannya cuman ngitung aja mencari balance antara debit dan kredit. Tapi berusahalah dinikmati. Saat mau ujian jangan belajar sistem SKS bahaya banget! Sering sering nyatat apa yang dosen jelasin mau itu penting bagi kalian atau ngga. Jangan lupa juga attitude disekitar kampus dan selama perkuliahan karna beberapa dosen memperhatikan hal itu. Belajar menerima apapun hasil akhirnya (pada saat nilai ujian keluar).

Ikuti Organisasi kampus dan kepanitian di jurusan kamu tapi ga disarankan untuk kepanitian lebih dari 2 menurut aku. Mengingat jadwal D3 Akuntansi cukup padat. Partisipasi setiap ada acara angkatan sebisa mungkin. Kurang merasa nyaman sama organisasi jurusan segera cari organisasi yang sesuai sama minat kamu, dan yang penting di jurusan ini kamu harus aktif dan rajin mengikuti seminar karna sertifikatnya digunakan sebagai syarat kelulusan.

Sebagai informasi tambahan D3 sendiri untuk sidang menggunakan Tugas Karya Akhir yang mana penelitian di ambil dari hasil magang di semester 6. Magang di akhir semester ini juga berlangsung selama 3-6 bulan bahkan jika keberuntungan di pihak kalian bisa jadi kalian diangkat menjadi pegawai diperusahaan tersebut. Untuk saat ini saya memilih magang di salah satu perusahaan milik BUMN yang mana program dinamakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat atau di singkat PMMB. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan dalam 2 batch, batch pertama Februari-Agustus, batch kedua Agustus sampai Januari.

Prospek kerja dan Alumni sudah bekerja dimana ?

Lulusan vokasi akuntansi biasanya  banyak bekerja di Kantor Akuntan Publik sebagai akuntan madya/auditor, tetapi banyak juga dari lulusan ini yang mempunyai dan membuka usaha sendiri contohnya local fashion online brand dan UMKM lainnya.

Rencana dan harapan setelah lulus

Untuk rencana dari saya setelah lulus akan bekerja di kantor pemerintahan di daerah saya selama 2 tahun. Kemungkinan setelah 2 tahun saya kembali melanjutkan pekerjaan atau lanjut untuk kuliah lagi. Harapannya ilmu akuntansi yang di dapatkan  dan di pelajari bisa saya terapkan dengan sebaik mungkin. Pesan saya untuk teman-teman jangan pernah merasa minder atas kemampuan diri sendiri bahkan sekecil apapun kemampuan kita karena suatu saat akan dihargai dan juga jangan sampai orang lain meanggap kita rendah.

Jika teman-teman butuh informasi lebih detail bisa comment di bawah ya… Terima kasih sudah membaca pengalaman saya. Notes: Cerita ini real pengalaman yang saya rasakan hampir 3 tahun.

Kode Konten: X178

Komen dibawah! 6

  1. Judith

    halo kak aku camaba nih jurusan akuntansi juga.
    mau tanya dong awal² masuk kuliah apa aja yang dipelajari dan apa yang perlu kupersiapkan awal masuk kuliah?
    makasih kak.

    • Lysandra Gracia

      Hallo Judith, wahhh maaf ya sepertinya aku baru lihat comment mu dan udah tahun lalu ? semangat ya, siapkan mental kuliah onlinenya!!!! Nikmati proses perkuliahan nya.?

  2. Filja azkiah

    kak aku lulusan 2021 ini niat mau kuliah di ui,menurut kakak lebih baik ambil d3 akuntansi atau s1 administrasi negara? peluang lebih masuknya mana ya kak?terimakasih

    • Lysandra Gracia

      Hallo Filja, d3 ataupun s1 semua bagus, tergantung minat mu dimana, kalo sepengalaman aku D3 kelebihannya selama kuliah ada di 3 semester dimana kita ada magang jadi kita lebih bersiap untuk masuk dunia kerja. Untuk d3 pun praktek 60% dan teori hanya 40%

  3. Fiz

    Kak, mau tanya, kalau jam kuliah vokasi tuh gimana kak? Pagi atau siang ya?

    • Lysandra Gracia

      Hallo Fiz, untuk jam perkuliahan di vokasi UI di jurusan Akuntansi sendiri dari pagi sampai sore. Untuk jurusan lain ada juga yang sampai malam dan bisa kelas malam jika kelas pengganti atau kesepakatan dosen dan mahasiswa

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *