Hubungan Internasional

Hubungan Internasional Unpas (Niken)

Hubungan Internasional Unpas (Niken)

Halo Intipers ! Gimana Kabarnya nih sobat pejuang ? Semoga kabar baik selalu ya dan pastinya tetap semangat. Perkenalkan Nama Saya Niken Ayu Woro Hapsari, biasa di sapa Niken, iken, woro, atau bebas kalian mau sapa dengan panggilan apa aja. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan S1 di Jurusan Hubungan Internasional Unpas – Universitas Pasundan Bandung. Nah pada kali saya akan berbagi sedikit informasi mengenai jurusan yang saya ambil selama 4 semester yang sedang saya tempuh. Mau tahu? Check it out ! Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa itu jurusan Hubungan Internasional Unpas?

Oke,baiklah kita mulai pembahasannya. Bagi kalian yang penasaran banget nih dan masih galau kira- kira mau ambil jurusan apa. Disini saya akan memberikan sedikit gambaran apa sih HI itu? Ya, Hi itu singkatan dari Hubungan Internasional. Wah keren juga ya ternyata dunia internasional aja punya hubungan, jangan mau kalah kalian para jomblowers. Ternyata masih banyak loh intipers masyarakat awam yang masih asing ngedenger jurusan ini. Seringkali mereka menyamakan jurusan HI dengan Humas alias hubungan masyarakat. Padahal sudah jelas dari namanya aja udah beda mungkin persamaannya sama sama mengurusi di bidang networking atau hubungan antar aktor kehidupan berbangsa dan bernegara. Spesifiknya HI ini ngurusin hubungan antar aktor suatu negara dengan negara lain yang fungsinya agar negara tersebut satu sama lain bisa menjalin kerjasama. Bukan Cuma satu atau dua negara aja nih intipers tetapi bisa sampai seluruh negara yang diajak kerjasama.

unisa

Wah keren ya kalau gitu, temenannya sama bule dong. Berarti kalau temenannya sama bule bahasa inggris nya harus jago ya? tentu iya, eits tapi ngga Cuma bahasa inggris aja kalau kalian punya kemampuan di bidang bahasa yang lain juga bisa ko. Karena minimal di Hi ini kita menguasai enam bahasa resmi PBB yaitu: Bahasa Inggris, Arab, Perancis, Mandarin, Rusia, Spanyol. Kalau bahasa hati gimana? Jelas ngga bisa ya, karena ini bukan ngomongin masalah dari hati ke hati (mamah dedeh kali) tapi masalah yang dibahas udah skala internasional. Yang di omonginnya ngga jauh- jauh sama urusan negara. Hmmm, kalau gitu berat dong ya? Engga dong justru malah buat kita termotivasi dengan ranah HI yang internasional dan udah jelas – jelas kerjaannya traveling terus ke berbagai negara. Asik kan.

Apa yang dipelajari di Hubungan Internasional Unpas?

Masih penasaran ngga nih? Kalau masih, saya lanjut dongeng tentang HI nya. Pasti pada kepo sebenernya HI itu belajarnya tentang apa aja, apakah hanya belajar bahasa inggris terus? Salah besar, Unik nya di HI ini ngga Cuma bahas masalah negara dan kerjasamanya tapi di HI kita belajar semua bidang atau biasanya HI disebut dengan Ilmu yang multidisipliner karena cakupannya banyak.

Kalau boleh dibilang jurusan HI ini perkumpulan dari segala jurusan, mulai dari bahasa, ekonomi, politik, budaya, filsafat, hukum, manajemen, statistik, agama, sosiologi, komunikasi, pokonya masih banyak lagi deh. Banyak juga ya? Memang, karena inilah yang akan menjadi bekal dasar bagi calon- calon perwakilan negara atau bahasa kerennya disebut diplomat  untuk membawa negaranya di forum internasional. Kurang keren apalagi coba. Untung banget deh jadi anak HI, apalagi kalau udah ngomongin tentang tugas yang dikasih sama dosen. Dijamin bakalan jadi anak hangout terus, karena emang tugas kita keluar – keluar  buat ngamatin dan analisis problem  yang lagi nge-hype.

pmb2-min

Dulu waktu awal semeter 1 di mata kuliah antropologi itu jurusan HI ngadain outing class. Jadi kita ada project ke Kampung Adat yaitu kampung Naga buat neliti gimana sih pengaruh  arus globalisasi yang semakin kuat tapi eksistensi kearifan lokal masih terjaga banget di kampung adat tersebut dan aspek apa aja yang ngebuat kampung naga bertahan dengan basic kearifan lokalnya. Menurut saya semua mata kuliah yang ada di HI berkesan karena masing- masingnya punya kelebihan.

Event MUN

Mungkin yang waw nya lagi anak HI itu pasti ngga asing sama event yang nama nya Model United Nations? Apa tuh? Modeling? Bukan dong, event ini adalah forum simulasi Sidang PBB yang dimana kita diangkat sebagai perwakilan dari tiap negara yang ada di dunia.  Jadi kita bisa rasain atmosfer rasanya jadi pejabat dan diplomat yang ngewakilin negaranya dan bersuara di forum internasional. Yang paling seru, kalau di Universitas Pasundan itu ada program JDM atau Journey To Diplomatic Miissons yang diadakan tiap tahunnya nih intipers. Tahun lalu destinasti JDM nya itu ke Thailand, Singapura, sama Malaysia. Disana anak- anak HI berkunjung ke KBRI Indonesia yang ada di negara tujuan dan melakukan studi Banding ke kampus- kampus ternama yang ada disana. Seru banget kan, jalan- jalan sekaligus menjalankan misi. Mantul deh pokonya.

Konsentrasi di Hubungan Internasional Universitas Pasundan

Seru sih, bisa jalan- jalan keliling dunia punya banyak kenalan bule juga tapi kayanya kalau nguasain semuanya ngga sanggup deh. Gimana dong ? tenang aja sobat intipers kalian ngga akan keberatan gara-gara harus nguasain ini itu. Di Hi juga ada bidang konsentrasinya ko, jadi keep calm. Kalau dari pengalaman saya dan denger dari beberapa kating yang udah lulus di Jurusan ini ada beberapa bidang yang menjadi concern sesuai sama minat kita. Contohnya nih, di semester 3 ada pilihan mata kuliah bahasa dan saya mengambil concern di bahasa mandarin dan di semester 4 sekarang  karena minat saya di bidang keamanan jadi saya memilih mata kuliah bidang tersebut. Jadi ngga perlu galau lagi, kalian bisa sesuaikan dengan minat kalian ya sobat intipers.

Tips untuk mahasiswa baru

Gimana tertarik sama HI ? Pasti dong, jangan Cuma tertarik sama si dia nih intipers. Ada sedikit tips bagi kalian yang serius mau kuliah di jurusan HI. Kalian harus sering dan rajin baca sama harus up to date tentang kondisi dan masalah- masalah global yang lagi booming di dunia. Karena ya itulah makanan dan bahan gosipan anak HI. Jangan sampai kalian jadi orang yang ndeso akan berita- berita HI.  Jangan mau kalah juga sama HI. HI aja peka sama dunia masa kamu engga.

Prospek Kerja Hubungan Internasional Unpas

Selesai nih kita bahasa tentang visi misi dunia per- HI an, tapi belum tamat sampai disini intipers. Pasti banyak yang nanya, HI belajarnya aja udah mati-matian gitu tuh berarti kita harus jadi diplomat ya, kita harus jadi duta besar ya, jadi mentri luar negeri ya dan jajarannya. Sobat intipers sesuai dengan penjelasan di awal, kalau HI itu semua bidang dipelajari nah otomatis banyak banget prospek kerjanya. Kalian bisa jadi politikus, jurnalis, international officer, Peneliti, konsultan internasiional, penulis, kerja di organisasi internasional, pebisnis internasinoal, perbankkan, marketing, penerjemah, guru les bahasa asing, dan yang lebih dekatnya kalau kalian ingin mentransfer ilmu HI kalian bisa menjadi Dosen/ pengajar lainnya.  Aduh makin tergiur ngga tuh masuk HI ? pastinya dong.

Harapan saya

Udah makin menggebu belum  nih intipers buat menancapkan pilihan di hati si dia, eh maksudnya di HI. Semoga ulasan diatas mampu membuka pintu hati kalian dan menggeretak hati kalian untuk yakin untuk  milih HI ataupun jurusan lainnya yang  pastinya disesuaikan dengan minat dan kemapuan kalian ya intipers, jangan sampai setengah- setengah jalaninnya. Ada pesan nih buat sobat intipers, pokonya jangan pernah patah semangat, jangan pernah minder dengan apapun dan dimana pun tempat kalian mencari ilmu mau itu PTN kah PTS kah semuanya sama, tinggal gimana diri kita beradaptasi dan ingat besarkan nama kampus kalian bukan kampus yang membesarkan nama kalian ya.

Harapan saya kedepannya sebagai anak HI yang masih di semester 4 ini adalah agar mampu mengimplementasikan ilmu yang saya  dapat selama perkuliahan dengan menjadi pribadi yang mampu menjadi representatif negara dan mengharumkan nama negara di kancah internasional dan melanjutkan pendidikan S2 dengan spesifik bidang Ke- Hi an di negeri sebrang.

Kode Konten: X149

Komen dibawah! 7

  1. fdhzra

    Halo kak, aku pengen masuk HI. tapi aku gak pede karena aku anak ipa, ditambah lagi linjur itu peluangnya kecil. Kalau kakak dulu gimana?

    • nikenayuworohapsari

      Halo 🙂 Kalau saya memang dulu basic dan jurusan di SMA itu IPS. Jadi, waktu menginjak kelas dua SMA tepatnya di semester akhir kenaikan kelas saya sudah memantapkan pilihan masuk HI. Jadi selama dua tahun lebih di SMA saya bener- bener research tentang HI. Entah itu tanya-tanya ke kakak kelas yang masuk jurusan HI. Cari kenalan dari banyak Universitas yang di Jurusan HI terus juga saya buat list kira-kira apa aja yang akan dipelajari di HI itu sesuai ngga ya dengan passion saya. Dan ternyata memang ada di HI.

      Terkait masalah insecure tentang linjur hehe saya mau share nih pengalaman teman saya sewaktu SMA. Jadi teman saya yang basic nya ada di Jurusan IPA tiba-tiba SBMPTN dia mau linjur ke IPS dan mau ambil jurusan Hukum di Universitas yang memang punya passing grade yang lumayan tinggi. Awalnya, dia ngga pede karena banyak pertanyaan yg muncul di otak dia, mikirin peluangnya kecil lah, harus belajar dari nol lagi lah, adaptasi, dll.

      But, He got it! Nothing impossible if you believe in it.

      Teman saya ini pinjam buku-buku mapel IPS saya waktu SMA dan akhirnya kita belajar bareng. Dia serius dengan apa yang dia pilih untuk linjur dan memantapkan pilihan bahwa hukum adalah passion dia. So, kalau kamu yakin dengan hal itu dan mau belajar dengan bersungguh-sungguh, insyaaAllah…
      Lebih baik kita mencoba untuk gagal daripada tidak sama sekali. Pastikan lagi sama diri kamu untuk memantapkan diri untuk linjur, sesuaikan dengan passion kamu,dan jangan lupa minta saran dan do’a restu dari orang tua juga ya 🙂

      Semoga bermanfaat. Good Luck!

  2. Hannah

    halo kak..mau bertanya mungkin kakak tau..tentang lulusan HI UNPAS ini kerjanya dimana aza ya? supaya lebih memotivasi calon2 mahasiswa yang mau mengambil jurusan HI ini.. 🙂
    makasih ya kak..

  3. Ririn

    Ka maaf mau tanya klo Hi di unpas apakah bagus,banyak yg bilang di unpar yg bagus ,,trims

    • Niken Ayu Woro Hapsari

      Halo Ririn! ☺
      Untuk takaran bagus atau tidaknya menurut saya kembali lagi sama diri kita sendiri. Dimanapun tempatnya, kalau kita bisa memaksimalkan potensi yg Ada dalam diri kita, yakin deh rasa nya bakalan sama. FYI, Hi UNPAS sudah terakreditasi A ya ☺. Sedikit quotes nih siapa tahu bisa memantik hehe

      “Besarkanlah nama kampus karena aksi mu bukan kampus yang membesarkan namamu”
      CMIIW ☺ semangatttt!!!

  4. Bilz

    Hallo kaa, aku mau masuk jurusan HI di unpas tapi aku anak ipa, apa boleh linjur kaa??, Mohon jawabannya sesegera munhkin yaa kaa

    • Niken Ayu Woro Hapsari

      Halo! ☺
      Boleh Dan bisa ko.. Karena banyak juga temen – temen saya yg basic nya dari jurusan IPA masuk ke HI (UNPAS), hehe

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *