Pendidikan Matematika, Unversitas Sriwijaya

Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya (Ragil)

Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya (Ragil)

Halo sobat intipers! Aku Ragil Indah Pratiwi dari Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya seperti apa?

Sesuai namanya, jurusan ini menggabungkan antara pendidikan dan matematika. Jadi selain kita belajar tentang matematika murni, kita juga belajar tentang pendidikannya. Itu tentang cara mengajar yang baik, kita buat perangkat pembelajaran, media pembelajaran dan menyampaikan pembelajaran supaya mudah dipahami oleh anak. 

Mungkin temen-temen ad yang masih bingung ya bedanya jurusan pendidikan matematika sama matematika murni. Kalau matematika mumi lebih fokus ke bidang matematikanya aja, jadi kaya menguasai tapi gak wajib untuk mentransfer. Beda sama pendidikan matematika yang bergerak di bidang pendidikan, wajib untuk bisa mentransfer pembelajaran. Kita juga buat RPP, silabus pembelajaran, media pembelajaran, perangkatnya juga. Jadi kaya gabungan saintek sama sosial. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya?

Dulu tuh waktu SMA pernah deket sama adiknya guru matematika. Nah karena kita deket jadi ngerasa aku tuh harus bisa dong gitu, malu dong kalau aku gak bisa. Jadi keinginan belajar matematika jadi lebih terus kebawa sampai kuliah. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau yang matematika banget itu ada Kalkulus, masternya matematika. Ada geometri, dari geometri dasar, geometri analisis dasar, geometri transformasi, analisis riil. Di antara banyanya mata kuliah, yang paling susah buat aku tuh kalkulus karena dia itu kaya udah selesai 1 eh ada lagi di semester depannya. Jadi kaya gak habis-habis karena mata kuliahnya berlanjut. 

Tugas-tugasnya itu buat perangkat pembelajaran. Praktikumnya kami itu ya ngajar langsung ke lapangan, laporannya itu dalam bentuk RPP, perangkat pembelajarannya. Kita juga magangnya di sekolah, jenjang SMP dan SMA, karena kalau SD itu khusus sama PGSD. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau di pendidikan matematika gak ada. Paling nanti ada mata kuliah pilihan di tiap tingkatnya. Untuk aku kemarin aku bisa pilih antara filsafat matematika, kewirausahaan atau statistika parametrik. 

Jalur masuknya ada apa aja?

Jalur masuk di UNSRI ada 3, SNMPTN, SBMPTN sama USM. Kemarin aku sendiri masuk lewat jalur SBMPTN. Kalau mau informasi lengkap tentang ujian mandiri UNSRI bisa search di web nya USM UNSRI..

Di angkatanku sendiri mahasiswanya ada 63 orang, itu dibagi menjadi 2 kelas di 2 kampus yang berbeda. Satu di kampus Palembang, satu di kampus Indralaya. 

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya?

Kalau setiap jurusan aku yakin ada kesulitannya masing-masing. Maka dari itu, tips dari aku, yang pertama itu temen. Itu penting banget untuk survive bareng-bareng, karena kalau gak ada temen kita sulit untuk maju sendirian. Walaupun semakin naik tingkat, temen itu semakin berkurang. Selain tipu, perhatiin pembelajaran karena pembelajarannya itu berlanjut. Kalau materi dasarnya gak bisa nanti selanjutnya bisa bingung. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau di bidang pendidikannya, gak lain dan gak bukan ya jadi guru di SMP atau SMA. Bisa juga buka les, penulis buku matematika, content creator tentang matematika. Kalau di non kependidikan, kakak tingkat itu ada yang kerja di bank.

Kode konten: C538

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *