Matematika

Matematika Universitas Pendidikan Ganesha (Mardika)

Matematika Universitas Pendidikan Ganesha (Mardika)

Hallo teman-teman, perkenalkan nama saya Kadek Mardika Pranata, mahasiswa Jurusan Matematika Prodi S1 Matematika angkatan 2018 di Universitas Pendidikan Ganesha. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang udah saya alami selama 4 semester ini. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang di pelajari di Matematika Undiksha / Matematika Universitas Pendidikan Ganesha?

Di Prodi S1 Matematika, seperti pada umumnya kita diajarkan tentang konsep-konsep matematika. Seperti logika matematika, teori bilangan, statistika, matematika keuangan, dan masih banyak lagi hal-hal yang berkaitan dengan matematika. Lalu apa bedanya dengan pendidikan matematika, kan sama-sama belajar matematika juga?. Eits tentu ada bedanya walau sedikit, jadi perbedaan antara program studi matematika dan pendidikan matematika bedanya ya cuman di matematika kita tidak di ajarkan terkait dengan bagaimana metode mengajar dan pembelajaran.

Di program studi S1 Matematika ini kita mempelajari hal sedikit lebih mendalam dan mengaplikasikannya ke kehidupan nyata. Ibaratnya ketika kita punya rumah dan di rumah itu ada 2 kamar dengan ruangan yang sama namun ada fasilitas yang berbeda seperti ya misalnya di ruang Pendidikan Matematika dia makek AC dan di kamar Matematika itu gak makek AC. Katanya “Matematika Itu Sulit” Matematika itu enggak sulit kok hanya kamu aja belum menemukan keindahan dalam matematika ketika kamu sudah menemukan keindahan dalam matematika, matematika itu akan jadi seperti jalan untuk kamu kedepannya nantinya seperti apa. Banyak banget sekarang ilmu matematika yang berguna untuk kehidupan karnanya matematika itu erat dengan kehidupan sehari-hari.

Mata Kuliah dan Dosen Faforit?

Jadi banyak banget mata kuliah yang ada seperti Aljabar, Kalkulus, Teori bilangan, Statistika, Matematika komputasi, Matematika keuangan, Analisis real dan masih banyak lainnya. Jadi mata kuliah faforit aku ada matematika komputasi. Matematika komputasi itu kita diajarin bikin semacam media pembelajaran sederhana yang bisa buat di akses oleh anak-anak sma atau smp. Matkul ini ngajarin pemrograman secara mendasar dalam suatu aplikasi matematika. Seperti maple dan matlab.

Dosen favorit aku itu  hampir semua sih dosennya bikin seneng jadi enak buat diajak diskusi dan juga belajar di kelas. Tapi ada dosen yang paling menginspirasi namanya Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si. jadi beliau ini kalau ngajar selalu menceritakan pengalaman dia waktu beliau kuliah di luar negri jadi banyak banget ceritanya. Mulai dari bagaimana dia bisa dapet beasiswa agar kuliah disana, pengalaman hidup dia disana dan masih banyak lagi. Jadi di jurusan Matematika ini dosennya keren-keren banyak yang lulusan luar negri yang udah jadi Profesor, Doktor, dan juga Magister di bidang matematika.

schooters

Konsentrasi di Prodi S1 Matematika Undiksha?

Di program studi S1 Matematika ini mempunyai 3 konsestrasi atau peminatan. Peminatan yaitu Matematika Terapan, Matematika Komputasi, dan  Statistika. Jadi di matematika terapan itu kita di ajarkan untuk menganalisis hal-hal yang sedang terjadi ataupun boming di dunia. Salah satu contohnya yang lagi boming sekarang ini COVID-19. Selain itu juga kita juga membuat modeling matematika ya entah itu bisa di bawa ke ilmu biologi, terkait dengan penyakit, ke kedokteran dan masih banyak lainnya yang berkaitan dengan matematika. Matematika Komputasi ini diajarkan tentang penerapan matematika yang berkaitan dengan keuangan. Contoh sederhananya sih matematika keuangan. Kalau yang untuk satatistika sih ya seperti statsistika pada umumnya.

Tips-tips untuk Maba yang ngambil prodi S1 Matematika di Undiksha

Pertama jadi kamu harus persiapin diri tentunya buat masuk di jurusan matematika. Selain itu juga dosen aku berkata kek gini “ketika kamu belum mampu membuat puisi atau melihat indahnya puisi dalam matematia maka kamu belum menikmati matematika itu sendiri”. Selain itu juga matematika ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Kedua ikutin organisasi yang ada di kampus. Tentunya kuliah bukan buat nyari ilmu aja dong mesti ikutin organisasi seperti HMJ, BEM, dan organisasi lainnya. Itu sangat berguna banget buat kedepannya untuk melatih skil kita dalam berpendapat, berbicara di banyak orang dan masih banyak lainnya. Sering-sering latihan soal yang berkaitan dengan matematika.

Prospek kerja prodi S1 Matematika?

Karna prodi S1 Matematika ini baru di Undiksha jadi aku masih jadi angkatan pertama yang ada di prodi ini. Banyak banget prospek kerja kita. Enggak hanya jadi Guru, kita itu lulusannya bisa sebagai analisis di perusahaan swasta atau negri, analisis di BPS, analisis di kredit dan perbankan, dan jadi peneliti matematika.

Harapan dan Rencana setelah lulus dari Matematika Universitas Pendidikan Ganesha

Jadi aku harapannya supaya bisa lulus tepat waktu. Bisa mendapatkan pekerjaan yang tetap dan aku pengen banget kerja di BPS (Badan Pusat Statistik). Selain itu juga rencana aku pengen bikin konten youtube yang berkaitan dengan matematika. Semoga aja aku bisa bikin aplikasi game sederhana yang berkaitan dengan matematika.

Kode Konten: X185

Komen dibawah! 2

  1. Adiwiguna

    Kak, apakah nanti setelah lulus s1 matematika, kalo ada niat jadi guru terus nyari sertifikasi guru, gimana kak?

    • Putra

      Bisa kalau mau jadi guru, setelah S1 Matematika, ikut Pendidikan Profesi Guru. Setelah itu dapat tambahan gelar Gr. dan dapat sertifikasi pendidik.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *